menciptakan trend atau mengikuti trend

ada hal yang ngga kalah penting untuk di perhatikan dalam membangun bisnis yaitu arah atau trend market. menciptakan trend market, atau mengikuti trend market. keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan.

Pertama, menciptakan trend market butuh investasi waktu yang panjang dan materi yang banyak. Jika berhasil maka bisnis kita akan menjadi pelopor atau raja di kelasnya. Meski kedepannya potensi pesaing pasti ada. 

Kedua, mengikuti trend market potensi untung besar sangat cepat, tergantung seberapa agresif nya anda untuk bergerak. Namun mengikuti trend market biasanya cepat lesu. 

Sampai disini, saya sendiri kadang masih bingung antara menciptakan market atau mengikuti trend market. Ketika saya memutuskan untuk menciptakan trend market saya terbentur dari segi pendanaan. Dan ketika saya mengikuti trend market, kadang bukan nya untung yang ada malah buntung. Syukur syukur bisa balik modal dan operasional tertutupi.

Nah, kalau gitu kembali lagi ke karakter individu sebenarnya. Jika anda berkarakter risk taker maka menciptakan trend market pas buat anda. Tapi mengikuti trend market juga cocok buat seorang risk taker.

Jadi kesimpulannya, pahami tingkat resiko yang siap anda tanggung sebelum memutuskan menciptakan trend market atau mengikuti trend market.

Komentar

Galerybatik.com

WhatsApp
0811-8201-22


Populer

Artis : Faradilla Yoshi

AR Foto : Human Interest (Donggala - Sulawesi Tengah)