Gadai kebun sistem tradisional Mappakatenning dare'


Ada satu solusi pembiayaan bagi pengusaha khususnya di bidang pertanian/perkebunan yaitu dengan cara Gadai tradisional. Umumnya cara ini dilakukan oleh suku Bugis Makassar dengan istilah Mappakatenning dare'.

Prosedurnya simpel banget dibanding pembiayaan pembiayaan secara resmi yang ada di Indonesia. Dimana si peminjam berhadapan langsung dengan si pemberi pinjaman dengan kesepakatan yang simpel. Si peminjam menyerahkan sebidang tanah sebagai jaminan kepada si pemberi pinjaman dengan nominal yang di sepakati. Biasanya tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman tidak terikat waktu, tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Maksudnya si peminjam boleh mengembalikan atau menebus kembali jaminan tersebut kapan saja. Tidak ada kewajiban bulanan yang harus di bayar seperti pinjaman Bank dan jasa keuangan lainnya. Lalu apa keuntungan atau benefit yang didapatkan oleh si pemberi pinjaman ?

Si pemberi pinjaman berhak menggunakan dan mengambil hasil panen kebun tersebut selama si peminjam belum menebus kembali lahan/kebun yang menjadi jaminan tersebut. Dan kewajiban si pemberi pinjaman harus merawat semua tanaman yang ada didalam lahan kebun tersebut dengan biaya perawatan di tanggung oleh si pemberi pinjaman.


Komentar

Galerybatik.com

WhatsApp
0811-8201-22


Populer

Artis : Faradilla Yoshi

menciptakan trend atau mengikuti trend

kabar duka datang dari Prof. Aminuddin Ponulele mantan Gubernur Sulawesi Tengah